Minggu, 16 Maret 2014 | By: Meiliani Alim (Meili)

FAITH HOPE LOVE

Apa sih kebutuhan primer manusia untuk hidup? Kalau kita sempat mengecap bangku sekolah, kebutuhan primer manusia dikatakan mencakup sandang, pangan, papan. Sandang yang berarti pakaian, pangan yaitu makanan, dan papan atau rumah. 

Memang benar kita memerlukan 3 hal primer di atas untuk bertahan hidup, namun jangan lupa bahwa manusia mempunyai dimensi lain selain dimensi fisik. Dimensi tersebut adalah dimensi rohani (roh, batin, mental)
Dalam dimensi ini, manusia mempunyai kebutuhan yang sama pentingnya dengan kebutuhan fisik. 

For me those needs define in three words: FAITH HOPE LOVE


FAITH
Manusia pada hakikatnya akan selalu mencari arti kehidupan. Pernakah kita mempertanyakan pertanyaan seperti: dari mana dunia berasal, bagaimana asal mula kehidupan, mengapa aku ada di dalam dunia ini, dan sebagainya? Wajar-wajar saja karena jati diri kita adalah TRUTH SEEKER (pencari kebenaran) yang akan selalu mencari tahu kebenaran yang sejati di dalam hidup. 
Tidaklah heran ada begitu banyak agama di muka bumi ini sebagai usaha manusia untuk mencari kebenaran itu. 
That's why as a spiritual human being, we have to have FAITH. Faith atau iman ini tidak selalu tentang agama, but mostly memang berhubungan dengan Tuhan sebagai Sang Kebenaran itu sendiri. 
Having FAITH in our lives give a big impacts, It gives a meaning in life.

By having faith, we know that LIFE has a divine purpose, we are created not by accident but there's a plans why we're here. 
We know that LIFE has a meaning and greater purpose than we could ever imagine.

Without Faith, we simply live out of purpose, and depend only by our circumstances. So if we're failed at something or plans don't come in our way we're just losing a meaning in life.
So have Faith!



HOPE
Kalau manusia dapat hidup hanya dengan minum air tanpa makanan, Hope atau harapan ini bagaikan air yang membuat batin manusia tetap bertahan hidup tanpa 'makanan'. 
Sebagai manusia kita mengalami banyak ups and downs, terkadang kita menghadapi masalah yang seakan tidak ada jalan keluarnya. Kita memandang ke depan dan yang ada hanya kesulitan, masalah, dan tantangan yang kelihatannya mustahil. Kita mencari orang-orang untuk menghibur kita namun kita tidak mendapati mereka. 
Di sinilah HOPE is working in our lives to bring life and sow a new seed. 

Ketika kita gagal ,harapan seperti memberi tahu kita untuk mencoba sekali lagi. 
Ketika semua hal terasa impossible, harapan memberitahu kita bahwa nothing is impossible If we're not giving up. Hope always says there's something greater in store in the future, just wait and hang on a little bit more.

That's why sangat penting bagi kita untuk selalu mempunyai (dan mencari) harapan dalam hal apapun. Tanpa harapan batin kita akan kelaparan dan kita bakal mempunyai mental yang gampang menyerah dan putus asa.
Berika harapan baru diberikan pada orang yang putus asa maka Ia akan kembali bersemangat. 

Penting buat kita juga untuk selalu encourage teman-teman kita terutama yang sedang mengalami kesusahan dan kesulitan. Ketika kita memberi mereka semangat, kita memberi mereka harapan baru, dan kita sedang memberi batin dan roh mereka yang kelaparan 'makanan'. 
If we're run out of HOPE, and don't know how to find it just simply encourage others and give them Hope. The power of words though ;)

PS: I love to hear some words of HOPE by watching a sermon of this amazing guy (I put the link below) He always encourage others to be positive in life and never give up in everything. He's just simply bless me :)


 
LOVE
Manusia mana yang bisa hidup tanpa cinta? Mother Teresa sebagai contoh hidup how LOVE could prolong life and give hope to the hopeless. 


Manusia tidak dapat hidup tanpa Cinta, why? Karena manusia sendiri dilahirkan untuk saling mencintai. Deep down inside kita punya kebutuhan besar untuk dicintai dan mencintai. 

Kita perlu untuk tahu bahwa kita dicintai, bahwa kita diinginkan karena Love is simply a basic need for every human being.
LOVE also gives meaning in life, being loved and love remind us that we are worthy as a human being, someone needs us and we need others.
So, if we lose LOVE in life kita dapat kehilangan arti hidup, menjalani hidup yang tidak sehat bahkan sakit sakitan. 
Sebuah penelitian bahkan meneliti kaitan antara sakit kanker dengan hubungan seseorang di dalam relasinya. Dan penelitian membuktikan bahwa relasi yang tidak sehat mempunyai pengaruh besar untuk mengembangkan sel-sel kanker yang berbahaya... 

How to love others in a simple way? Be kind to them, be helpful, be considerate and be sensitive of others need. Mungkin sulit bagi kita karena setiap orang berbeda dalam sikap dan temperamen, namun being kind and friendly aren't difficult way to try, are they?
Start with being KIND.


Manusia sebagai manusia spiritual mempunyai kebutuhan untuk diakui, dicintai, mencapai sesuatu dalam dirinya, mencari jati diri, mencari kebenaran dan arti hidup, dan juga mempunyai emosi-emosi yang berkaitan dengan sekitarnya. 

Batin/Roh yang mati menandakan tidak adanya kehidupan bagi manusia itu sendiri. That's why kita melihat banyak orang yang tidak benar-benar 'hidup', mereka hanya menjalani kehidupan seperti rutinitas tanpa entusiasme, simply because they're dead inside.


Just as we need FOOD, CLOTHE, and SHELTER we need FAITH HOPE LOVE to fill our spiritual need as a human being. 

Love,
Mei

0 komentar :

Posting Komentar