Senin, 29 Juli 2013 | By: Meiliani Alim (Meili)

TALENTS VS CHARACTER

Setiap orang pasti punya mimpi. Setiap orang pasti ingin meraih kesuksesan dalam kehidupan mereka. Because those things give a meaning in life indeed.

Banyak orang beranggapan kalau orang-orang yang bakal sukses adalah orang-orang yang punya talenta yang luar biasa. As I'm growing up, I realize that talents aren't enough to achieve your dream. That statement doesn't mean to discourage anyone.. but in order to achieve dreams there's a lot of efforts, and things we have to accomplish.. That's more than 'just' a talent!!

For me- who's on my way to achieve my dreams- pursuing dreams needs hard-working dan juga ketekunan. Karena pasti ada waktu-waktu ketika kita merasa stuck, dan jenuh dengan apa yang kita kerjakan, sehingga kita butuh mendisiplinkan diri untuk tetap tekun melakukan what we need to do. I believe if we persevere, it just a matter of time untuk kita bisa meraih mimpi-mimpi kita.

Tidak ada sukses yang instan, tapi menurutku inilah yang bikin kita menghargai kesuksesan kita nantinya.


Seringkali kita melihat begitu banyak orang berbakat dan menonjol di berbagai bidang kehidupan. Entah dalam bermain musik, menyanyi, olahraga, matematika, Public speaking, dsb. That makes us think how lucky they are, and suddenly we want to be like them, have talents like theirs. Some of us even thinks that their lives will be more fortunate if they have talents like them.
We heard something like:

"Ah mengapa aku tidak dapat menyanyi sebagus dia?"

"Ah andai saja aku seberuntung dia....."

"Hidupku pasti lebih baik bila aku mempunyai talenta seperti dia."

I heard a lot of negative voices :)

Dunia mungkin  memandang keahlian dan keterampilan untuk mengukur talenta. Tapi untuk bisa sukses mencapai impian, kita harus memiliki yang namanya KARAKTER. Tanpa karakter seseorang dengan talenta se menakjubkan apa pun tidaklah terlalu berarti..

Ada begitu banyak orang-orang yang gagal dalam kehidupan mereka, bukan karena mereka tidak punya talenta, tapi karena mereka tidak punya karakter yang menjadi kualitas paling penting dari diri seseorang.

Pesepak bola terkenal bernama Zinedine Yazid Zidane, atau yang sering kita kenal dengan sebutan Zidane, adalah orang yang sangat berbakat di bidangnya. Dipuji-puji sebagai pemain sepak bola terbaik di dunia, penampilannya sering menuai pujian .Berbagai macam trofi pertandingan sepakbola dunia telah Ia raih, Pelatihnya pun menyebutnya sebagai talenta terbaik sepakbola sepanjang masa! Kurang apa lagi si zidane ini, bakatnya begitu luar biasa!

Namun di balik bakat dan talenta nya yang luar biasa ini, dunia juga mengenalnya sebagai seorang yang sensitif dan kasar. Akhir dari karirnya terjadi saat Zidane menanduk lawan mainnya dalam sebuah pertandingan dunia. Dikuasai oleh amarah akibat adu mulut dengan lawan mainnya saat itu, Zidane tidak dapat mengendalikan diri dan menanduk dada lawan mainnya hingga ia kesakitan. Sebuah kesalahan 'kecil' akibat tidak dapat menahan diri menjadi sebuah noda gelap dalam perjalanan karirnya yang sulit untuk dihapuskan dari ingatan dunia.

Cerita tadi hanya sebuah contoh dari seseorang yang begitu berbakat namun tidak diimbangi dengan kualitas karakter yang baik.

Tidak dapat dipungkiri, keadaan kita maupun orang-orang sekeliling kita seringkali membuat kita marah, frustasi maupun kecewa.
 Namun di sinilah KARAKTER berfungsi, KARAKTER membuat kita TIDAK DIKENDALIKAN oleh keadaan sekitar kita, however frustated It could be.
KARAKTER membuat kita dapat mengendalikan reaksi kita terhadap situasi, bukan situasi yang mengendalikan reaksi kita.

Karakter yang baik mempunyai self-control yang baik, Karakter yang baik juga melihat kepentingan orang lain dan menghargainya.

Jadi apabila kita merasa tidak mempunyai talenta yang menonjol seperti yang lain, janganlah rendah diri! Punyailah karakter yang baik sambil kita terus mengasah talenta kita.
Karakter yang baik bukanlah sesuatu yang bisa kita dapatkan dengan instan, karakter yang baik diawali dengan kemauan dan komitmen diri untuk terus belajar melatih diri, mendisiplinkan diri untuk mengendalikan emosi, terutama bagi kita yang memiliki kelemahan-kelemahan emosi seperti gampang marah.

Karakter yang baik juga didapatkan dari pengalaman kita sehari hari dalam menangani keadaan dan orang-orang sekeliling kita yang 'sulit'. Mungkin terdengar susah, namun percayalah setiap kali kita menang menghadapi dan 'mengalahkan' diri kita sendiri, we move one step forward to be a better person :)

Last but not least, jangan lupa untuk tetap tekun mencari tau apa yang menjadi talenta kita, karena setiap orang pasti dilahirkan dengan talenta, sekecil apa pun talenta tersebut :)
Focus on your strength ,bukan pada hal-hal yang kita tidak dapat kita lakukan.

Jangan juga membandingkan diri kita dengan orang lain, karena itu hanya membuat kita semakin mengecilkan diri kita. Percayalah pada diri sendiri, mungkin talenta kita kecil, namun percayalah talenta yang kecil akan menjadi besar bila terus diasah :)

Don't forget, CHARACTER makes a big difference!

Hugs and Love
Mei



0 komentar :

Posting Komentar